Manfaat Buah Durian Yang Masih Jarang Diketahui Penggemarnya

By | Desember 26, 2023

Manfaat buah durian saat ini masih jarang yang mengetahuinya, karena para penggemar hanya cukup memakannya saja pada musim panen. Buah durian adalah buah tropis, enak dan sangat menyehatkan. Berikut adalah 6 alasan mengapa Anda harus menambahkannya ke dalam diet Anda. Dikenal sebagai raja buah-buahan di Asia Tenggara, buah durian adalah buah tropis, enak, dan sangat sehat. Namun, baunya kuat yang disukai sebagian orang dan sebagian tidak.

Manfaat Buah Durian

Manfaat Buah Durian Dengan Berbagai Kandungannya

Durian kecil biasanya berukuran 650 gram atau 1,43 pon dan mengandung 885 kalori. Itu berarti 44,25% dari 2.000 kkal sebagai asupan kalori harian rata-rata seseorang. Dan juga memiliki 34,5 gram lemak, yang merupakan setengah dari jumlah lemak tak jenuh yang dibutuhkan setiap hari. Inilah manfaat buah durian yang dapat diketahui untuk penggemar, yaitu :

1. Dapat Menguatkan Tulang

Buah ini rendah kalsium tetapi memiliki cukup potasium untuk memenuhi 9% kebutuhan harian tubuh. Buah durian juga mengandung magnesium dimana dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. Kandungan mineral berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Hal ini dilakukan dengan mengatur penyimpanan dan distribusi kalsium di tulang. Kemudian tindakan tersebut mencegah pelarutan atau pelepasan kalsium yang berlebihan ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi dalam jumlah sedang dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan pada tulang.

2. Dapat Meredakan Anemia

Gejala Anemia melibatkan rendahnya kadar hemoglobin dalam darah dan mungkin mengalami gejala seperti kelelahan, insomnia, dan sakit kepala. Pada wanita hamil, timbulnya kondisi ini dapat meningkatkan risiko kelainan fisik atau kematian pada janin. Daging buah durian mengandung folat dalam jumlah tinggi, diperlukan untuk produksi hemoglobin. Kandungan Folat juga membantu pertumbuhan teratur jaringan tubuh dan tabung saraf serta melindungi otak dan tulang belakang janin.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Mengonsumsi makanan manis atau makanan dengan kandungan lemak tinggi dapat berkontribusi terhadap timbulnya penyakit jantung. Lemak dan kolesterol low-density lipoprotein disebut LDL atau kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding arteri dan dapat memicu kondisi seperti :

  • Hipertensi.
  • Hiperkolesterolemia = Kadar kolesterol dalam tubuh yang sangat tinggi.
  • Aterosklerosis = Penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak.

Namun buah durian tidak mengandung kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh pada buah ini ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Kalium dalam durian juga meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Dapat Memperlancar Pada Pencernaan

Nutrisi pada buah durian termasuk sumber serat makanan yang melimpah. Nutrisi ini mendorong gerakan peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung. Proses ini dapat meringankan seperti :

  • Kembung
  • Kram
  • Maag
  • Gangguan pencernaan
  • Sembelit
  • Perut kembung yang berlebihan
  • Penyumbatan usus

Serat juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus sehingga memudahkan tinja melewati saluran usus.